Selasa, 27 Desember 2011

Tips Hindari Penipuan via Internet


Pada artikel sebelumnya saya telah memberitahukan cara-cara yang digunakan oleh para pelaku penipuan via internet . Dan sekarang saya akan memberikan Tips supaya kalian jangan sampai menjadi korban selanjutnya.

Ambil langkah-langkah berikut :

  1. Pastikan agar firewall komputer kalian selalu aktif dan perbaruilah secara berkala sistem operasi, aplikasi, antivirus milik kalian.
  2. Buatlah salinan/copy dari file pribadi kalian secara berkala dan simpanlah salinan file dengan aman.
  3. Gunakan akal sehat. Jangan cepat percaya pada informasi di internet.
  4. Jangan serakah, Waspadai penawaran gratis atau situs web yang menjual produk dengan harga yang terlalu murah. Bisa jadi itu hanya pancingan.
  5. Waspadai e-mail yang pengirimnya tidak dikenal, khususnya yang memuat tautan atau yang meminta informasi pribadi, seperti verifikasi kata sandi.
  6. Pilihlah kata sandi yang sulit untuk ditebak. Jangan gunakan kata sandi yang sama untuk berbagai akun kalian, dan jika mungkin ganti kata sandi kalian secara berkala.
  7. Pastikan kalian mengetik alamat Web dengan benar. Satu kesalahan saja pada ejaan dapat menggiring kalian pada situs web gadungan/palsu.
  8. Gunakan koneksi terenkripsi saat mengirim data-data penting, misalnya perincian kartu kredit.
  9. Perisaklah catatan transaksi kartu kredit dan  rekening secar cermat dan rutin. Jika kalian melihat ada suatu kejanggalan, segera hubungi perusahaan yang bersangkutan. 
  10. Pastikan agar informasi kartu kredit dan perbankan Kalian  diberikan hanya kepada situs web yang bereputasi baik, aman dan terpecaya.
  11. Berhati-hatilah dalam menggunakan koneksi nirkabel (wi-fi).
Itulah beberapa Tips yang bisa digunakan untuk menghindari penipuan via internet. Jika kalian tidak mau menjadi korban selanjutnya, lakukanlah langkah-langkah diatas tadi.

SEMOGA BERMANFAAT


Sumber : Dirahasiakan


0 komentar:

Posting Komentar