Minggu, 31 Juli 2011

Apa itu SMTP ?

ini adalah Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) merupakan standar Internet untuk surat elektronik (e-mail) transmisi di Internet (IP) jaringan Protokol. SMTP pertama kali didefinisikan oleh RFC 821 (1982, akhirnya dinyatakan STD 10),  dan terakhir diperbarui oleh RFC 5321 (2008) yang meliputi SMTP diperpanjang (ESMTP) penambahan, dan merupakan protokol yang digunakan luas saat ini. SMTP adalah ditentukan untuk transportasi surat keluar dan menggunakan port TCP 25. Protokol untuk pengajuan baru secara efektif sama seperti SMTP, tetapi menggunakan port 587 sebagai gantinya. Koneksi SMTP diamankan oleh SSL dikenal dengan singkatan SMTPS, meskipun SMTPS tidak protokol dalam dirinya sendiri.

Sementara server surat elektronik dan agen mentransfer surat lainnya menggunakan SMTP untuk mengirim dan menerima pesan email, aplikasi klien user-level mail yang biasanya hanya menggunakan SMTP untuk mengirimkan pesan ke server mail untuk menyampaikan. Untuk menerima pesan, aplikasi-aplikasi client biasanya menggunakan baik Protokol Kantor Pos (POP) atau Internet Message Access Protocol (IMAP) atau sistem berpemilik (seperti Microsoft Exchange atau Lotus Notes / Domino) untuk mengakses account email mereka kotak pada sebuah mail server .

SMTP adalah protokol berbasis teks, di mana pengirim email berkomunikasi dengan penerima email dengan mengeluarkan string perintah dan memasok data yang diperlukan melalui saluran memerintahkan aliran data yang handal, biasanya Transmission Control Protocol (TCP) koneksi. Sebuah sesi SMTP terdiri dari perintah berasal oleh klien SMTP (agen memulai, pengirim, atau transmitter) dan tanggapan yang sesuai dari server SMTP (agen mendengarkan, atau penerima) sehingga sesi dibuka, dan parameter sesi dipertukarkan. Sesi mungkin termasuk nol atau lebih transaksi SMTP. Transaksi SMTP terdiri dari tiga perintah / balasan urutan (lihat contoh di bawah.) Mereka adalah:

  •     Perintah MAIL, untuk menetapkan alamat pengirim, Kembali Jalan-alias, 5321.From, mfrom, atau pengirim amplop. Ini adalah alamat untuk pesan bouncing.
  •     Perintah RCPT, untuk mendirikan sebuah penerima pesan ini. Perintah ini dapat diterbitkan beberapa kali, satu untuk setiap penerima. Alamat ini juga merupakan bagian dari amplop.
  •     DATA untuk mengirim pesan teks. Ini adalah isi dari pesan, sebagai lawan amplop. Ini terdiri dari sebuah header pesan dan tubuh pesan dipisahkan oleh baris kosong. DATA sebenarnya sekelompok perintah, dan server balasan dua kali: sekali untuk perintah DATA yang tepat, untuk mengakui bahwa itu adalah siap menerima teks, dan waktu kedua setelah urutan akhir-data, untuk menerima atau menolak seluruh pesan.

sumber : Wikipedia

0 komentar:

Poskan Komentar